Home » Destinasi Wisata » Wisata Alam Danau Sentani Yang Berpadu Dengan Budaya

Wisata Alam Danau Sentani Yang Berpadu Dengan Budaya

Wisata Alam Danau Sentani Yang Berpadu Dengan Budaya – Danau Sentani berada di selatan Kabupaten Jayapura dengan memiliki luas mencapai 9.360 ha, dan kedalaman Danau Sentani sendiri kira-kira 70 meter di bawah permukaan laut. Dengan memiliki luas tersebut danau ini terbentang di antara Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura, dan melingkupi 24 desa. Danau Sentani merupakan satu kesatuan dengan cagar alam Pegunungan Cycloops. Kenakearagaman hayati Danau Sentani cukup beragam, mulai dari flora hingga faunanya. Flora yang ada di antaranya :

  • Pohon Matoa.
  • Pohon Pinang.
  • Pohon Kayu Putih.

Sedangkan fauna yang mendiami Danau Sentani diantaranya :

  • Ikan Nila.
  • Ikan Pelangi Merah.
  • Ikan Lohan.
  • Ikan Tawas.

Bahkan zaman dulu Danau Sentani di huni pula oleh Ikan Hiu Gergaji Air Tawar yang saat ini keberadaanya sudah punah.

Rute perjalanan Danau Sentani

Danau Sentani terbentang di antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua. Danau yang memiliki luas sekitar 9.360 hektare ini berada pada ketinggian sekitar 75 meter di atas permukaan laut. Akses menuju Danau Sentani tak begitu sulit. Dari Jakarta, kalian bisa memilih rute pesawat menuju Bandara Sentani di Kabupaten Jayapura. Durasinya sekitar delapan jam, tergantung lokasi transitmu. Sesampainya di Bandara Sentani, di sarankan menyewa mobil supaya lebih leluasa dan fleksibel. Penyewaan mobil biasanya tersedia di bandara.

Harga tiket masuk Danau Sentani

Harga tiket Danau Sentani sekitar Rp10 ribu saja. Namun, tarif bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung hari berkunjung. Sedangkan, untuk sewa mobil, kalian perlu merogoh kocek sekitar Rp650 ribuan. Sesampainya di Danau Sentani, kalian bisa menjelajah dengan menggunakan kapal motor dengan tarif sekitar Rp10-50 ribu. Untuk urusan akomodasi atau penginapan, gak perlu di ambil pusing. Ada banyak penginapan dengan bujet yang bisa kalian sesuaikan kantong. Kalian bisa memilih hotel, hostel, homestay, atau resor di kawasan area wisata Danau Sentani. Harga penginapan bervariatif, mulai dari Rp250 ribuan hingga Rp1 jutaan.

Daya Tarik Danau Sentani :

1. Gugusan Pulau

Danau Sentani di kelilingi pulau-pulau besar maupun kecil, yang berjumlah sekitar 22 pulau. Pulau-pulau yang ada memiliki keistimewaan tersendiri. Pulau yang cukup populer ialah sebuah pulau yang letaknya berada di tengah danau, bernama Pulau Asei. Dimana ciri khas dari Pulau asei ialah kerajinan tangan yang berupa lukisan kulit kayu.

2. Bukit Teletubbies

Daya tarik selanjutnya ialah Bukit Teletubbies, berupa gundukan perbukitan hijau bergelombang yang letaknya berada di sekitar danau. Panorama alam dari atas puncak bukit teletubbies sungguh menawan, dimana kalian akan menyaksikan keindahan Danau Sentani yang begitu luasnya.

3. Dermaga Warna Warni

Kemudian di sekitar Danau Sentani terdapat sebuah perkampungan yang memiliki ciri khas dermaga yang berwarna warni, perkampungan tersebut bernama Kampung Yoboi. Kampung Yoboi berada di atas Danau Sentani, kalian ngga akan melihat daratan di sini. Yang paling menarik dari kampung ini ialah dermaganya yang di cat warna warni.

Baca juga : Destinasi Wisata Tana Toraja Kaya Akan Budaya

Nah itu dia Wisata Alam Danau Sentani Yang Berpadu Dengan Budaya. Semoga informasi di atas sangat bermanfaat. Untuk kalian yang ingin update seputar pendidikan bisa kunjungi 1-20infantry.org. Jangan sampai ketinggalan ya!


Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *